Altar St. Yusup

Facebooktwitterpinterestlinkedinmail

pic_altaryosefAltar ini merupakan pasangan dari Altar Maria. Terletak pada sisi kanan Panti Imam. Dibuat bersamaan dengan Altar Maria dan selesai pada Mei 1922. Pada bagian tengah, diatas tabernakel terdapat Patung Santo Yosef memegang bunga bakung yang melambangkan bahwa Yosef adalah pria suci murni, dan Yesus memegang bola dunia.

Relief pada kiri atas :
Yosef dan Maria sedang melatih Yesus kecil di bengkel kayu

Relief pada kanan atas :
Yosef pada saat sekarat, ditemani oleh Yesus yang sudah dewasa dan Maria. Diatas ada tangan dari Allah yang menunjukkan perhatian dan kemuliaan.

Tabernakel terletak di bagian tengah

Relief kiri bawah :
Terdapat tulisan : “Filius David, Ora Pro Nobis” yang artinya “Putra Daud berdoalah untuk kami”.

Relief kanan bawah :
Terdapat tulisan : “Ite Ad Joseph” yang artinya “Pergilah kepada Yusup”. Yusup yang dimaksud disini adalah Yusup wakil Raja Mesir: Firaun yang membagikan gandum pada musim paceklik (Perjanjian Lama). Tulisan ini bermakna : Kita pergi ke Yusup untuk bertemu Yesus, “Sang Roti Hidup”.

Relief bawah – tengah :
Suatu persembahan datang dari Paus (dengan topi berhias 3 lapisan = Tiara Paus), Uskup dan St. Ignatius de Loyola; disisi sebelah kiri. Serta persembahan dari Raja dan Ratu Carl Agung dan para pengikutnya; disebelah kanan. Hal ini melambangkan bahwa baik pemimpin gereja maupun pemimpin dunia semua melaksanakan persembahan kepada Yesus, meniru persembahan 3 orang Majus dari Timur.

Relief bawah – kiri :
– Terlihat Raja Daud memainkan Harpa

Relief bawah – kanan :
Terlihat Yusuf dari Mesir dengan gandum

This entry was posted in INTERIOR. Bookmark the permalink.