Siap Siaga dan Berjaga

Facebooktwitterpinterestlinkedinmail

 

Selamat Tahun Baru Liturgi Gereja, Kita memasuki Minggu Adven I sekaligus Tahun Baru Liturgi Tahun A bersama Matius. Masa permenungan khusus menyambut kelahiran Sang Imanuel. Tema Imanuel (Allah beserta kita) sangat menarik bagi Matius karena membingkai narasi besar tentang Yesus Sang Putera Allah, Dialah pemenuhan janji yang dinubuatkan para nabi (Mat 1:23 ) dan sekaligus menjadi jaminan atas kehadiranNYa yang menyertai sampai akhir zaman (Mat 28:20 ). Janji dan Jaminan terpenuhi dalam Sang Imanuel yang kita nantikan kehadirannya dalam perayaan Natal. 

 

Masa penantian dan persiapan itu kita lakukan selama masa Adven dengan bersama-sama berjaga dan berdoa. Cara yang kita lakukan sebagai umat KAJ adalah menjadilan masa Adven sekaligus bulan Keluarga untuk bersama-sama mendalami tema “Rumahku Inspirasi Keadilan”. Keluarga-keluarga diharapkan pula kembali kepada pilar-pilar dasar kebersamaan dalam keluarga yang ditegaskan kembali oleh Paus Fransiskus yaitu kebiasaan keluarga kristiani: berdoa bersama, makan bersama dan bercengkerama bersama (bermain, rekreasi, relaks). Bila keluarga bisa mewujudkan 3 pilar dasar ini, maka bangunan keluarga akan kokoh. Tetapi bila tidak bisa mewujudkan maka sesungguhnya bangunan keluarga sangat rapuh dan rentan. 

 

Seperti diingatkan oleh St Paulus inilah saatnya “bangun dari tidur” dan memulai kebiasaan baru yang memperkokoh soliditas dan solidaritas keluarga-keluarga kristiani. Masa Adven berada di penghujung tahun, bisa kita jadikan kesempatan mawas diri dan berbenah: “Marilah kita menanggalkan perbuatan-perbuatan kegelapan, dan mengenakan perlengkapan senjata terang! Marilah kita hidup dengan sopan, seperti pada siang hari, jangan dalam pesta pora dan kemabukan; jangan dalam percabulan dan hawa nafsu; jangan dalam perselisihan dan iri hati. Tetapi kenakanlah Tuhan Yesus Kristus sebagai perlengkapan senjata terang.” 

 

Selamat memasuki masa Adven. Semoga Maria Bunda Segala Suku, Bunda Umat Berhikmat, mendampingi dalam masa persiapan menjelang Natal ini supaya kita sungguh dengan hati terbuka dan gembira menyambut kedatangan Puteranya, Sang Imanuel.

 
 

Tuhan memberkati. 

This entry was posted in Seputar Gereja. Bookmark the permalink.