Bersukacitalah Senantiasa!

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedinmail

Pax. Damai Kristus.

Kita memasuki minggu Adven III yang juga disebut Minggu Gaudete. Bacaan minggu ini menggemakan suasana sukacita karena Tuhan sudah dekat. Suasana sukacita minagu Gaude dibuka dengan seruan itu disampaikan oleh St. Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Filipi: “Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah! Sebab Tuhan sudah dekat! (Flp 5). Secara khusus, warna liturgi bukan ungu tetapi rose/pink menggambarkan sukacita yang mulai bersemi merekah. Alasan bersuka cita adalah sebab Tuhan Allahmu ada di tengah-tengahmu. Sebab Tuhan sudah dekat. Bersukacita senantiasa dalam Tuhan.

Suka cita adalah salah satu watak dasar umat Kristiani yang ditegaskan dan diingatkan kembali oleh Paus Fransiskus dalam Evangelii Gaudium / Sukacita Injil. “Suka cita memenuhi hati orang yang telah mengalami perjumpaan pribadi dengan Yesus.” Perjumpaan pribadi dengan Yesus membawa buah suka cita dan pembaharuan hidup. Itulah yang diharapakan juga terjadi dalam masa Adven ini yaitu menghantar kita masing-masing mengalami perjumpaan pribadi dengan Yesus dan buahnya adalah pembaharuan hidup. Kita lahir kembali bersama Yesus yang kelahiranNya kita rayakan dalam peristiwa Natal yang sudah mendekat.

Dalam kalendarium Liturgi, kita akan memasuki persiapan khusus jelang Natal. Mulai 17 – 23 Desember diserukan nama-nama gelar Yesus yang dimulai dari Kebijaksaan sampai pada Emanuel. Bila disingkat menjadi ERO CRAS, yaitu rangkaian huruf awal dari antifon Kidung Maria pada Ibadat Sore maupun pada seruan Bait Pengantar Injil. Ero Cras berarti “Aku akan datang”. Antifon atau seruan itu akhirnya bermuara pada perayaan Natal di mana Sang Emanuel, Allah berserta kita sungguh datang.

Berikut ini urutan Sapaan akan gelar Yesus dalam urutan kalender liturgi:

  • 17 December: O Sapientia (Kebijaksanaan)
  • 18 December: O Adonai (Tuhan)
  • 19 December: O Radix Jesse (Tunggul Isai)
  • 20 December: O Clavis David (Kunci Daud)
  • 21 December:  O Oriens (Surya Fajar)
  • 22 December: O Rex Gentium (Raja Para Bangsa)
  • 23 December: O Emmanuel (Allah Beserta Kita)

 
Mari kita teruskan langkah-langkah persiapan batin kita dalam masa Adven ini untuk mewujudkan semangat pertobatan sejati yaitu berbenah diri untuk berubah dan bertuah. Semoga harapan St. Paulus dalam I surat kepada jemaat Tesalonika juga berlaku untuk kita jemaat kekinian di Jakarta. “Jauhkanlah dirimu dari segala jenis kejahatan. Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya, dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita.” Semoga Bunda Maria mendampingi langkah-langkah pembaharuan hidup kita sehingga sukacita natal sungguh bergema dalam keluarga dan masyarakat sekitar kita.

Tuhan Memberkati.

This entry was posted in Seputar Gereja. Bookmark the permalink.