MEMASUKI PEKAN SUCI

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedinmail

Tanpa terasa kita sudah memasuki Pekan Suci, kita memasuki rangkaian puncak perayaan Paskah kita. Kita sudah mempersiapkan diri dalam masa Prapaskah selama 40 hari dengan dipandu tema Makin Adil Makin Beradab. Kita berharap agar percikan-percikan pembaharuan hidup dalam masa prapaskah akhirnya memantik sebuah nyala api bersama yang berkobar. Api pembaharuan hidup dan komitment untuk semakin ikut serta mewujudkan masyarakat yang semakin adil dan beradab.

 

Salah satu wujud nyata ikut serta membangun masyarakat yang beradab adalah ikut serta menggunakan hak pilih pada pilkada DKI putaran kedua, tanggal 19 April 2017 di TPS. Himbauan Bapak Uskup tentang Pilkada DKI bisa menjadi acuan menimbang dan menentukan pilihan. Silahkan menjadi pemilih yang cerdas dan bertanggung jawab. Itulah kesempatan kita semua ikut serta menjadi pelaku sejarah yang menentukan masa depan bangsa dan kota Jakarta. Gunakan hak pilih, alias coblos dulu, barulah Anda melaksanakan liburan keluarga.

 

Minggu lalu dibagikan air yang sudah diberkati untuk membersihkan salib dan benda-benda suci devotional di keluarga-keluarga. Hari–hari menjelang Jumat Agung, alangkah baiknya Salib-Salib sesudah dicuci dan dibersihkan, lalu dipasang kembali. Keluarga-keluarga bisa menjadikan kesempatan mencuci Salib dan Benda devosi ini sebagai saat kerjabakti membangun kebersamaan dan menanamkan sikap hormat bakti devotional kepada anak-anak. Kiranya anak-anak bisa dilibatkan dalam kesempatan berharga ini.

 

Minggu Palma ini kita menerima daun Palma yang sudah diberkati. Maka jangan dibuang dan ditaruh sembarangan. Daun-daun palma itu silahkan diselipkan di Salib-Salib keluarga. Bila masih ada sisa bisa diikat dan disimpan dengan baik, sehingga pada saat menjelang Rabu Abu, bisa dikumpulkan kembali untuk dijadikan tanda abu di dahi kita pada Rabu Abu tahun depan. Dengan demikian kita secara sederhana juga diajari untuk mendaur ulang dan memanfaat barang-barang lain untuk kita olah menjadi barang yang mempunyai nilai tambah.

 

Selain Tri Hari Suci, dalam Pekan Suci kita juga akan merayakan Misa Krisma, pada Kamis dalam pekan suci yaitu Kamis, 13 April 2017, pukul 08.00, Bapak Uskup bersama para Imam yang berkarya di KAJ akan membaharui Janji Imamat. Di samping itu akan diberkati minyak-minyak suci yang dipakai untuk pelayanan dalam Gereja yaitu minyak katekumenat, minyak pengurapan orang sakit, dan minyak krisma. Alangkah baiknya umat dapat hadir untuk ikut serta mendoakan Bapak Uskup dan para Imam agar semakin menjadi pelayan Tuhan yang rendah hati, murah hati dan bertindak sebagai gembala yang baik.

 

Selamat memasuki Pekan Suci. Semoga kita semua mendapatkan buah pengalaman rohani mendalam. Kita sungguh boleh mengalami kuasa kebangkitan Kristus yang mengubah diri kita dan membawa suka cita sejati.

 

Kiranya Bunda Maria menjadi teladan kita semua dalam mengikuti Yesus dengan tekun dan setia, hingga sampai di Puncak Kalvari. Bunda Maria Bunda kami semua doakanlah kami agar semakin mengenal, mencintai dan mengikuti Yesus Puteramu.

 

Tuhan memberkati.

This entry was posted in Seputar Gereja. Bookmark the permalink.