Manfaatnya Jadi Anggota CU K3S

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedinmail

Cukup sering saya ditanya oleh orang yang belum menjadi anggota CU-K3S (Koperasi Komunitas Keluarga Sejahtera); “Apa sih manfaat atau keuntungannya menjadi anggota CU-K3S?

Adanya pertanyaan seperti itu bagi saya adalah hal yang sangat wajar. Sebab, sejauh pengamatan saya, beberapa orang yang sudah cukup lama menjadi anggota CU-K3S juga sering tidak begitu mengetahui dan memahami apa saja yang menjadi manfaat atau keuntungan sebagai anggota CUK3S. Sehingga tidak jarang hanya sekali menabung atau sebulan, bahkan setahun sekali datang hanya untuk menabung dan tak melakukan aktivitas lainnya.

Nah, melalui media ini saya akan berusaha menginformasikan; apa saja yang menjadi keuntungan atau manfaat yang bisa didapatkan jika menjadi anggota CU-K3S.

Umumnya orang berharap, berpikir dan berpendapat uang sebagai sesuatu yang utama dan bernilai. Sebab, saat ini uang sudah menguasai banyak hal; hingga ada yang berpendapat,”Tanpa uang kita tidak akan dapat hidup bahagia dan sejahtera.” Benarkah demikian?

CU-K3S (Koperasi Komunitas Keluarga Sejahtera) memang menggunakan uang sebagai salah satu sarana dalam menjalankan kegiatannya. Dan dalam menuju harapan untuk semakin terbentuknya komunitas keluarga-keluarga yang sejahtera, CU-K3S menawarkan beberapa manfaat atau keuntungan bagi setiap anggotanya.

Keuntungan atau manfaat pertama yang bersifat financial atau materiil, nyata (tangible) yakni:

  1. Setiap simpanan Anggota CU-K3S dijamin tidak akan berkurang karena tidak ada biaya administrasi bulanan seperti di Bank atau Asuransi.
  2. Bahkan jika memenuhi kewajibannya dalam hal menabung dipastikan simpanannya bertambahnya lebih dari simpanan yang ada di Bank. Sebab, pengalaman selama ini CU-K3S bisa memberikan tambahan pendapatan melebihi yang diberikan oleh Bank.
  3. Bagi anggota yang sudah memenuhi persyaratan; bukan hanya akan mendapatkan manfaat dari simpanannya; tetapi juga dari pinjaman yang dilakukannya. Maka, kebutuhan anggota yang belum bisa dipenuhi dari tabungan pribadinya tetap dapat dipenuhi dengan cara meminjam di CU-K3S yang relative mudah dan dengan bunga yang rendah.

Keuntungan atau manfaat kedua yang bersifat non financial atau intangible, yaitu:

  1. Anggota CU-K3S boleh merasa senang dan sedikit bangga, karena meskipun baru menabung atau sedikit tabungan, sudah termasuk menjadi pemilik CU-K3S. Sebab, semua yang menjadi anggota CU-K3S adalah pemilik CU-K3S.
  2. Anggota juga boleh merasa tenang dan nyaman, karena keamanan uang tabungan bukan hanya dijaga oleh beberapa orang Pengurus, Pengawas CU-K3S dan aturan-aturan tetapi  juga setiap anggota CU-K3S ikut menjaga keamanan uang dan segala kekayaan CU-K3S. Jadi selain sudah ada perwakilan anggota yang menjadi Pengawas CU-K3S, semua Anggota CUK3S juga ikut membantu mengawasi. Dan untuk itu semua Laporan Keuangan bersifat terbuka atau transparan. Semua Anggota CU-K3S boleh meminta atau melihat.
  3. Para ahli waris Anggota CU-K3S juga boleh merasa senang dan nyaman, karena setiap Anggota CU-K3S mendapatkan perlindungan tanpa dibebani pembayaran premi dari Asuransi Daperma (Dana Perlindungan Bersama). Sehingga apabila anggota meninggal dunia, uang tabungannya tetap utuh dan bahkan ditambahkan sebesar yang ditabung (maks. saat ini Rp 150 juta). Dan jika pada saat anggota ada pinjaman di CU-K3S kemudian terjadi Cacat Tetap Total yang membuatnya tidak mampu lagi bekerja atau memiliki penghasilan; apalagi meninggal dunia, ahli waris juga boleh merasa tenang karena pinjamannya telah dilunasi oleh Daperma.
  4. Perasaan senang, tenang, nyaman, damai dan sejahtera, bahagia pastinya diharapkan bukan hanya oleh beberapa orang yang menjadi Anggota CU-K3S, tetapi oleh semua saja yang menjadi anggota CU-K3S. Oleh karena itu para Pengurus dan Pengawas CU-K3S akan terus berusaha dan menawarkan manfaat atau keuntungan untuk semakin bertambahnya rasa persaudaraan dan adanya saling kerjasama, yaitu melalui setiap kegiatan pelatihan, rapat maupun rekreasi bersama.
  5. CU-K3S juga selalu berusaha menawarkan kepada setiap anggota CU-K3S untuk dapat terus mengembangkan diri dan usahanya melalui keikut-sertaan dalam mengelola CU-K3S baik melalui jalur resmi sebagai Pengurus dan Pengawas CU-K3S maupun jalur indipenden, yaitu sebagai anggota yang aktif memberitakan khabar gembira kepada siapa saja tentang keberadaan CU-K3S.
  6. CU-K3S yang tahun ini sudah berbadan hukum; pastinya juga akan menambah keamanan dan semakin dapat memberikan pelayanan secara mandiri dalam KPR bagi setiap Anggota CU-K3S yang belum memiliki tempat tinggal pribadi. Dan bukan hanya itu, dimungkin juga bagi Anggota CU-K3S yang memiliki suatu usaha dapat meminjam bendera CU-K3S guna meningkatkan usahanya; serta semakin dapat secara lebih luas memberikan bantuan kepada orang banyak.
  7. Nah pastinya masih ada cukup banyak manfaat atau keuntungan yang lain bagi setiap Anggota CU-K3S; sebab itu CU-K3S bersifat terbuka atau mau terima siapa saja; termasuk yang belum percaya akan adanya Tuhan, karena yang namanya keselamatan, hidup damai, sejahtera dan kebahagiaan itu pastinya akan semakin bisa diraih apabila ada kerjasama dari semakin banyak orang. Kegiatan untuk saling membantu hingga mencapai tujuan yang dicita-citakan dengan sendiri sudah dilakukan dengan cara menabung dan meminjam di CUK3S.

Semoga dengan tulisan singkat ini kita semua dapat semakin mebantu banyak orang.

Salam CU – Ign. Bambang S.

This entry was posted in Seputar Gereja. Bookmark the permalink.